Pengantar Telematika

PENGANTAR TELEMATIKA

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi Pengetahuan tentang telematika.kata TELEMATIKA yang seringkali diidentikkan dengan dunia internet di Indonesia. Telematika merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat pada masa ini.

Menurut saya, Telematika merupakan gabungan dari kata Telekomunikasi dan Informatika. Telekomunikasi berarti hubungan, sedangkan Informatika berarti informasi. Dengan demikian, pengertian telematika menurut saya adalah informasi yang saling terhubung.Telematika muncul karena akibat dari perkembangan era digital sehingga teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu.

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, kata Telematika sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Istilah Telematika sendiri diambil dari bahasa Perancis,“telematique” istilah ini untuk pertama kalinya muncul pada tahun 1978 yang pertama kali memperkenalkan kata ini Simon Nora dan Alin Minc dalam bukunya yang berjudul ‘informatisation de la Societe.

Istilah Telematics dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena        perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi          telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah “konvergensi”. Nah, dengan berkembangnya perpaduan antara teknologi komunikasi dengan teknologi informatika ini menghasilkan sebuah media komunikasi baru.

Tinggalkan komentar